Khasiat Daun Pepaya Sebagai Jamu Kesehatan Tubuh

khasiat daun pepaya sebagai jamu kesehatan tubuh

Daun pepaya bagi sebagian orang mungkin kurang diminati karena rasanya yang pahit, dibandingkan dengan buahnya yang kaya manfaat (lihat disini). Namun dibalik rasanya yang pahit, daun pepaya menyimpan khasiat yang baik untuk tubuh, seperti menambah nafsu makan, membantu proses pencernaan, mencegah masuk angin dan masih banyak yang lainnya.
Sebelum meramu untuk mendapatkan khasiat daun pepaya sebagai jamu kesehatan tubuh, alangkah baiknya kita mengetahui cara meminimalisir rasa pahit daun pepaya, agar tidak menghilangkan semangat kita untuk mengkonsumsi nikmatnya daun pepaya. caranya yaitu :

  • Remas-remas daun pepaya dengan garam dapur hingga layu dan mengeluarkan air. Setalah itu daun pepaya siap untuk direbus
  • Rebus daun pepaya dengan daun jambu biji, dengan perbandingan tiga lembar daun pepaya dengan 10 lembar daun jambu biji 
  • Rebus daun pepaya dengan menambahkan segenggam tanah liat atau batu bata. Setelah matang, bersihkan daun pepaya dengan air bersih mengalir
Rasa pahit dari pepaya disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid karparin. Senyawa tersebut mampu digunakan untuk menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, membunuh mikroba penyebab berbagai penyakit. Berikut ini adalah khasiat daun pepaya sebagai jamu kesehatan tubuh :

  • Obat penambah nafsu makan. Campurkan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus, saring airnya dan simpan dalam wadah. Minum air saringan tersebut 2-3 hari sekali, untuk anak porsinya cukup 1/4 gelas.
  • Menghilangkan nyeri haid. Campurkan satu lembar daun pepaya mentah , asam Jawa, garam dan rebuslah hingga matang.
  • Menghilangkan jerawat di wajah. Tumbuk dua lembar daun pepaya tua yang telah dijemur kering, campurkan sedikir air hangat dan oleskan pada jerawat di wajah. Diamkan selama 20-30 menit dan bilaslah dengan air bersih.
  • Mencegah penyakit kanker. Mengkonsumsi masakan daun pepaya dapat mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan getah putih yang ada di dalamnya merupakan zat anti kanker. Namun bagi wanita hamil perlu diperhatikan, karena kandungan didalam daun pepaya juga berbahaya bagi kesehatan janin bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan intensitas sering.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi. Rebus lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air, tambahkan madu murni atau gula merah, dan minumlah selagi hangat.
  • Mengobati demam berdarah. Campurkan lima lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus hingga mendidih dan minum saat air rebusan hangat.
Demikian gaeess khasiat daun pepaya sebagai jamu kesehatan tubuh. :)

0 comments:

Post a Comment