Tanaman anting-anting untuk menyembuhkan penyakit

tanaman anting-anting untuk menyembuhkan penyakit

Tanaman anting-anting atau dapat juga disebut bayeman anting-anting adalah tanaman yang terdengar asing. Hal ini dikarenakan tanaman ini lebih sering tumbuh liar dipekarangan bahkan di pinggir jalan ketimbang dibudidayakan. Padahal, tanaman ini memiliki khasiat sebagai tanaman herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit, karena mengandung alkaloid, flavonoid, steroid, saponin dan tanin.
Nama latin dari tanaman anting-anting adalah acalypha australis linn yang termasuk dalam keluarga euphobiaceace. Di negeri tirai bambu Cina, tanaman ini disebut dengan nama tie xian. Tanaman anting-anting dipercaya memiliki efek farmakologis yaitu antibiotik, peluruh seni, mampu menghentikan pendarahan, anti radang dan anstrigent. Akar dari tanaman anting-anting sangat disukai oleh kucing. Berikut ini adalah khasiat tanaman anting-anting untuk menyembuhkan penyakit :


  • Mengobati asam urat. Caranya adalah dengan merebus 60 gram akar kering anting-anting dalam tiga gelas hingga mendidih menjadi 1/2 gelas air. Minumlah 3x sehari sebanyak 1/2 gelas.
  • Mengatasi penyakit disentri. Caranya adalah dengan merebus 60 gram daun anting-anting yang sudah kering. Rebus dengan empat gelas air hingga mendidih menjadi dua gelas. minum secara teratur hingga 10 hari.
  • Mengobati BAB berdarah, mimisan dan batuk. Hampir sama dengan khasiat untuk mengobati disentri, yakni siapkan 60 gram daun anting-anting yang sudah kering, direbus dalam dua gelas air hingga mendidih menjadi segelas air. Minum rebusan daun anting-anting sebanyak 2x sehari 1/2 gelas.
  • Mengobati diare dan muntah darah. Cara mengobatinya sama dengan untuk mengobati BAB berdarah, mimisan dan batuk.
  • Meredakan pendarahan dan luka bakar. Caranya adalah dengan melumatkan segenggam daun anting-anting segar dicampur dengan gula pasir secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang luka.
  • Mengatasi penyakit kulit. daun anting-anting memiliki kandungan zat antiseptic yang berkhasiat untuk mencegah menyebarnya bakteri pada tubuh, seperti gatal dan kudis. Caranya sama seperti khasiat daun anting-anting untuk meredakan pendarahan dan luka bakar.

Selain khasiat tersebut, meminum rebusan daun dan akar tanaman anting-anting dipercaya juga dapat menyembuhkan sakit akibat saraf kejepit. Jika kurang suka dengan rasanya, dapat juga dicampur dengan daun salam, daun sereh dan gula jawa untuk menambah aroma dan cita rasa menikmati air rebusan tanaman herbal ini. Demikian gaeess khasiat tanaman anting-anting untuk menyembuhkan penyakit. :)

0 comments:

Post a Comment