Sirsak dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

sirsak dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh
Sirsak adalah tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika tengah dan Amerika selatan. Di Indonesia sendiri buah ini memiliki banyak nama panggilan, diantaranya adalah nangka Belanda atau durian Belanda, hal ini merujuk dari penamaannya yang berasal dari bahasa Belanda zuurzak, yang berarti kantung asam. Buah sirsak ini didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada abad ke 19. Bagi masyarakat Jawa buah sirsak disebut nagka landa, di Sunda disebut nagka walanda, di Madura disebut nagkelan, di Bali disebut srikaya Jawa, di Aceh disebut boh lona, di Nias disebut durio ulondro, di Minangkabau disebut durian betawi, di Lampung disebut jambu landa, dan nangko belando di Palembang.
Sirsak adalah tumbuhan yang dapat ditanam disembarang tempat. Di Indonesia, sirsak sering dijadikan bahan untuk membuat minuman jus dan eskrim. Kandungan nutrisi dalam sirsak cukup banyak, diantaranya ada karbohidrat terutama fruktosa, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2. Berikut ini adalah tentang Sirsak dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh :

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sirsak mengandung senyawa seperti acetogenins, muricapentocin, annocatacin, annocatalin, annonacin, annomuricin, annohexocin, anonol, anomurine, caclourine, gigantetronin, gentisic acid, lenoleic acid, yang berkhasiat untuk meingkatkan sistem imunitas tubuh dari bahaya penyakit dan dapat juga berkhasiat sebagai obat alami menyembuhkan penyakit.
  • Meningkatkan konsentrasi. Sirsak juga mengandung tiamin yang berguna untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi. Adanya tiamin juga membantu otak terlepas dari beban atau stres dan memperkuat sistem saraf motorik dalam otak.
  • Mencegah penyakit kanker. Buah sirsak mengandung senyawa fotokimia yang bernama annonaceous acetogenis yang dapat menangkal virus-virus penyebab kanker. Hasil penelitian melaporkan jenis kanker yang dapat ditangkal oleh sirsak adalah kanker payudara, usus besar dan prostat.
  • Mengatasi migrain. Kandungan dalam buah sirsak juga dapat berkhasiat untuk mengatasi migrain. Caranya adalah hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak segar yang di temani dengan meminum air hangat.
  • Membantu produksi hemoglobin. Fungsi riboflavin dalam buah sirsak adalah untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh dan membuat seluruh organ dalam tubuh berfungsi dengan normal.
  • Menjaga kesehatan pencernaan. Vitamin B2 dalam buah sirsak membantu melindungi membran mukosa usus sehingga sistem pencernaan tetap lancar dan meminimalisir gangguan pencernaan.
Buah sirsak juga memiliki daun yang berkhasiat sebagai obat alami (lihat disini). Biji sirsak adalah salah satu jenis biji yang beracun namun dapat dimanfaatkan sebagai insektisida alami. Demikian gaeess tentang sirsak dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. :)

0 comments:

Post a Comment