Manfaat Jus Terong Belanda Untuk Tubuh

manfaat jus terong belanda untuk tubuh

Terong Belanda atau yang memiliki nama latin solanum betaceum, adalah salah satu tanaman dari jenis terong-terongan (lihat disini). Buah ini berasal dari daerah Amazon di Amerika latin. Di Indonesia dinamakan terong Belanda, sebab tanaman buah ini mulai dikembangkan di Bogor oleh orang Belanda pada tahun 1941.
Penyebaran terong Belanda kini telah merata bahkan menjangkau daerah tropis. Meskipun tanaman buah ini akan tumbuh baik di pegunungan atau dataran tinggi pada ketinggian 1000 mdpl, yang memiliki tanah kaya hara, drainase yang baik, tanah lembab dan dingin.
Dalam 100 gram terong Belanda mengandung 85 gram air, 1.5 gram protein, 10 gram karbohidrat, 1.28 gram lemak, 4.2 gram serat, 500 SI vitamin A, 25 gram vitamin C dan abu sekitar 0.7 gram. Terdapat juga magnesium, kalsium, zat besi serta fosfor. Berikut ini adalah manfaat jus terong belanda untuk tubuh :

  • Mengatasi masalah pencernaan. Terong belanda memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan terong belanda merupakan buah yang dapat menjaga sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus berfungsi optimal dalam proses pencernaan.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan juga terdapat dalam buah bervitamin C ini, yang menjadikan tubuh mampu melawan serangan radikal bebas.
  • Mencegah kanker. Dalam terong belanda terdapat zat licopen yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel penyebab kanker. Selain itu, zat licopen juga berperan dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.
  • Mencegah tulang keropos. Walaupun kandungan berbagai mineral seperti fosfor, magnesium, potassium dalam terong belanda tidak melimpah, namun mineral tersebut sangat berkontribusi dalam mencegah keroposnya tulang termasuk akibat berlanjutnya usia.
  • Menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin dalam terong belanda cukup tinggi, hal ini menjadikan terong belanda memiliki manfaat sebagai penunjang kesehatan mata dan mencegah katarak, rabun serta silinder.
  • Mencegah anemia. Kekurangan sel darah merah akan menyebabkan tubuh menjadi lemas, letih, lesu, lunglai tidak bersemangat dan rentan terhadap penyakit. Zat besi dalam terong belanda berkhasiat dalam memproduksi sel darah merah sehingga kebutuhan tubuh dapat terpenuhi.
  • Mencegah alzheimer dan parkinson. Kerusakan pada otak dapat menyebabkan menurunnya daya ingat, kemampuan gerak tubuh dan kemmapuan konsentrasi. Tinggi nya kadar antioksidan dalam terong belanda mampu menjaga kesehatan dan melindungi otak dari kerusakan.
  • Mengobati sariawan. Vitamin C dalam terong belanda berperan sebagai pencegah sekaligus obat bagi sariawan di rongga mulut.
  • Menyembuhkan panas dalam. Selain berkhasiat untuk mengobati sariawan, vitamin C dalam terong belanda juga mampu menjaga daya tahan tubuh sehingga menjadi antibodi dalam menyembuhkan panas dalam.
  • Anti penuaan kulit. Kandungan vitamin C, vitamin E dan antioksidan dalam terong belanda mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan mampu menjaga kesehatan dan kelembapan kulit sehingga awet muda, kencang dan kenyal.
  • Meregenerasi sel DNA rusak dan menyembuhkan bisul. Berkat tingginya anti oksidan pada terong belanda, luka bisul yang disebabkan darah kotor dapat terobati, bahkan antioksidan mampu meregenerasi sel DNA yang rusak sehingga tak memberi kesempatan kepada sel kanker untuk berkembang.
  • Obat alami hipertensi. dalam 100 gram terong belanda mengandung 321 mg potasium, jumlah yang cukup untuk menjaga tekanan darah dan detak jantung tetap normal.
  • Mencegah penyakit diabetes tipe 2. Terong belanda adalah buah yang memiliki kadar glikemik rendah yang takkan membuat gula darah naik dan serat dalam terong belanda mampu menstabilkan gula darah.
Selain itu, kandungan air yang cukup melimpah dari terong belanda menjadikan tubuh terhidrasi sehingga terhindar dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Demikian gaeess manfaat jus terong belanda untuk tubuh. :)

0 comments:

Post a Comment