Kacang Panjang Dengan Manfaat Yang Juga Panjang

kacang panjang dengan manfaat yang juga panjang

Kacang panjang merupakan tumbuhan yang sering dijadikan lalapan atau sayur. Daun dari tanaman kacang panjang dinamakan lembayung dan dapat pula dijadikan sayuran hijau. Menurut data penyebarannya, kacang panjang banyak di temukan di daerah panas benua Asia.
Terapi kacang panjang yang dipublikasikan oleh Dr. Jhon Heinerman lewat bukunya yang berjudul Heinerman's Encyclopedia of Healing Juices menyebutkan bahwa, dalam satu cangkir jus kacang panjang terdapat 41 mg kalsium, 42 mg fosfor, 1,14 mg zat besi, 6 mg sodium, 230 mg potasium, 735 UI vitamin A, 40 mg asam folic, 17,9 mg vitamin C, 27 mg magnesium. Hasil penelitian menyatakan bahwa meminum jus kacang panjang dengan ditambahkan jus wortel dan tomat membuat kinerja pankreas, limpa dan liver menjadi baik. Berikut ini adalah khasiat kacang panjang dengan manfaat yang juga panjang :

  • Sumber antioksidan. Kacang panjang mengandung beta karoten, vitamin C dan mineral mangan yang sangat penting bagi proses antioksidan dalam tubuh.
  • Pertumbuhan payudara. Kacang panjang mengandung fitoestrogen yang merupakan senyawa penting untuk pertumbuhan payudara. Bagi perempuan yang rutin mengkonsumsi kacang panjang, maka sel-sel epitel di payudaranya akan aktif dan merangsang bertambahnya pertumbuhan ukuran payudara.
  • Menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin K yang tinggi pada kacang panjang berfungsi dalam mencegah pengerasan pembuluh darahdalam jantung. Pembuluh darah yang mengeras merupakan pemicu terjadinya gagal jantung atau jantung koroner.
  • Menambah kadar zat besi. Agar darah bisa mengalirkan energi dengan lancar, maka diperlukan zat besi sehingga sel-sel tubuh tetap hidup dengan mendapat cukup asupan oksigen dan energi. Kacang panjang merupakan sayuran yang mampu menambah kadar zat besi untuk mengoptimalisasi aliran energi dalam tubuh
  • Mencegah osteoporosis. Kekurangan kalsium merupakan penyebab dari munculnya osteoporosis. Dengan mengkonsumsi kacang panjang, 20% vitamin K untuk tubuh dapat terpenuhi dan mampu mencegah osteoporosis.
  • Meningkatkan kerja imun. Sistem kekebalan tubuh atau imun sangat diperlukan untuk melawan penyakit. Kacang panjang memiliki kandungan vitamin B kompleks yang ampuh sebagai antibodi untuk meningkatkan kinerja sistem imun.
  • Anti inflamasi. Kacang panjang memiliki efek antinosiseptik yang bisa mengatasi kontraksi sel penyebab radang. 
  • Mengobati diabetes. Kacang panjang adalah sayuran yang rendah kalori dan gula. Untuk menjadikannya obat diabetes, caranya adalah dengan menyediakan enam kacang panjang dan 1 tomat diblender tanpa es dan diminum dua kali sehari satu gelas.
Selain itu, kacang panjang juga bermanfaat untuk mengatasi hipertensi, memperkecil resiko terkena stroke, meningkatkan fungsi organ pencernaan, mengurangi resiko terkena penyakit kanker, mengatasi sembelit, menyehatkan sendi, mempercepat regenerasi sel, mencegah anemia, menguatkan akar rambut, mengobati pegal linu, menambah massa otot, mencegah kanker limfoma, mencegah kontraksi otot perut. Demikian gaeess tentang kacang panjang dengan manfaat yang juga panjang. :)

0 comments:

Post a Comment