Kubis Ungu Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

kubis ungu yang bermanfaat bagi tubuh

Kubis ungu atau kol ungu memang jarang kita temui, mengingat konsumsi kubis bagi orang Indonesia umumnya untuk sayur sop atau makanan daerah seperti gado-gado yang menggunakan kubis hijau. Namun bagi konsumen salad sayur, tentu tak asing dengan kubis berwarna ungu ini.
Sama seperti kubis hijau yang memiliki manfaat bagi tubuh (lihat disini), kubis ungu pun juga bermanfaat bagi tubuh, karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, yaitu serat, kalium, vitamin C, vitamin A. Berikut ini adalah khasiat kubis ungu yang bermanfaat bagi tubuh :

  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam kubis ungu berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Selain itu, kubis ungu juga mampu meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh dan metabolisme serta membantu memperbaiki DNA.
  • Baik untuk diet. Karenan merupakan makanan yang berserat dengan hanya mengandung 33 kalori, kubis ungu merupakan serat pangan pencegah kelebihan kolesterol memasuki aliran darah melalui dinding usus kecil. Kolesterol yang diserap akan dikeluarkan melalui proses eliminasi sampah.
  • Mengurangi nyeri otot. Kubis ungu memiliki kandungan asam laktat yang akan banyak dilepaskan pada saat dimasak atau bakteri memfermentasi gula yang ada didalamnya. Asam laktat adalah zat yang berkhasiat untuk mengurangi nyeri otot.
  • Meringankan sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan karena ketegangan saraf, dapat diredakan dengan kubis ungu. Caranya adalah dengan minum jus kubis ungu setiap sore sebanyak satu gelas.
  • Anti penuaan. Kombinasi vitamin C dan E dalam kubis ungu akan memberikan manfaat terhadap kesehatan dan kecantikan alami kulit. Vitamin C berkhasiat untuk menangkal radikal bebas yang mengancam kesehatan kulit.
  • Kesehatan otak. Kubis ungu tinggi akan vitamin K dan antosianin, yang berkhasiat untuk meningkatkan konsentrasi dan kesehatan mental. Selain itu, khasiat dari kandungan tersebut adalah dapat mencegah kerusakan saraf, menurunkan resiko alzheimer dan demensia.
  • Menormalkan tekanan darah. Kalium juga berkhasiat untuk menormalkan tekanan darah , sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.
  • Mencegah kanker. Menurut penelitian, terdapat beberapa kandungan dalam kubis ungu yang dapat melawan sel kanker, seperti lupeol, sinigrin dan sulforaphane. Semua zat tersebut dapat merangsang enzim dan menghambat pertumbuhan kanker.
  • Membersihkan tubuh dan membantu pencernaan. Kubis ungu mengandung mineral, terutama yang paling tinggi adalah sulfur yang berkhasiat membersihkan perut. Jika dimakan sebagai salad mentah, kubis ungu dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. 
  • Mengobati luka lambung. Asam amino dan glutamin adalah senyawa yang berkhasiat menyembuhkan luka lambung. Kedua senyawa tersebut ada didalam kubis ungu dan dapat diperoleh dengan cara minum jus kubis ungu tanpa gula dan es.
Selain itu, kubis ungu juga dapat mendukung fungsi saraf dan otak dengan kandungan yodium didalamnya, mencegah peradangan jantung dan membantu menjaga berat badan. Untuk dapat memperoleh manfaat yang maksimal, sebaiknya kubis ungu dikonsumsi dalam kondisi mentah dan segar. Demikian gaees tentang kubis ungu yang bermanfaat bagi tubuh. :)

0 comments:

Post a Comment