Khasiat Manis Dari Buah Manggis

khasiat manis dari buah manggis

Manggis atau yang bernama latin garcinia mangostana disebut sebagai buah ratu buah dalam dunia perdagangan. Menurut riwayat, buah manggis berasal dari wilayah tropika, khususnya kepulauan nusantara. Bagi masyarakat eropa, buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi didunia.
Kekayaan antioksidan dalam buah manggis terdiri dari kandungan xanthone, tanin, antisionin dan asam folat. Selain itu juga terdapat kandungan air, protein, karbohidrat, energi, serat makanan, niacin, asam pantotenat, pyridoxine, riboflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, sodium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor dan seng. Berikut ini adalah khasiat manis dari buah manggis :

  • Mencegah kanker. Senyawa xamtone yang dimiliki manggis merupakan senyawa anti kanker. Cara kerja senyawa ini adalah menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Senyawa ini juga mampu memperlambat pertumbuhan penyebab leukimia.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Manggis mengandung vitamin C sebesar 12% dari total kebutuhan harian. Vitamin C berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga virus penyebab flu dan demam akan dapat terhalau dari tubuh. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas berbahaya, sehingga menjadikan tubuh dapat melawan berbagai penyakit.
  • Melancarkan peredaran darah. Kandungan dalam buah manggis dapat membantu proses regenerasi sel-sel darah merah, sehingga peredaran darah keseluruh tubuh dapat mengalir dengan lancar. Pembuluh darah juga akan mengalami pelebaran yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari ancaman penyakit aterosklerosis dan kolesterol.
  • Mengatasi peradangan. Manggis memiliki sifat anti inflamasi. Ini berarti dapat mengatasi sakit linu dan nyeri akibat radang. Mengkonsumsi manggis hingga tiga kali sehari dapat meredakan rasa sakit akibat peradangan.
  • Mencegah penuaan dini. Zat antioksidan dalam buah manggis dapat menjaga dan memperbaiki sel-sel rusak, sehingga mampu mempertahankan regenerasi sel baru.
  • Mencegah bayi lahir cacat. kandungan folat yang cukup tinggi dalam buah manggis baik dikonsumsi oleh wanita hamil. Pasalnya, folat memainkan peran penting dalam pembentukan sel baru dan perkembangan janin.
  • Mencegah batu ginjal. Kadar air yang dimiliki manggis cukup banyak, sehingga sangat wajar jika mengkonsumsi manggis akan sering mengeluarkan urin, dan kebiasaan inilah yang akan membuat tubuh terhindar dari batu ginjal.
  • Mengatasi TBC. Kandungan anti bakteri dan anti jamur yang kuat dalam buah manggis sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tindakan penghambatan terhadap bakteri berbahaya serta efektif bagi pasien penderita tuberkolosis (TBC).
  • Mencegah katarak. Radiasi yang menghilangkan protein di lensa mata adalah penyebab dari penyakit gangguan mata atau katarak. Nutrisi yang terkandunga dalam buah manggis dapat melindungi mata dan menjaga asupan kebutuhan protein pada mata, sehingga dapat terhindar dari penyakit katarak.
Selain itu, manggis juga berkhasiat utnuk mengurangi resiko stroke, mengatasi diabetes, mencegah alzheimer, menyembuhkan penyakit gusi, melancarkan menstruasi dan meningkatkan energi tubuh. Demikianlah gaeess khasiat manis dari buah manggis. :)

0 comments:

Post a Comment