Khasiat Semangka Untuk Tubuh

khasiat semangka untuk tubuh

Semangka Kuning adalah tanaman merabat yang masuk dalam suku ketimun-ketimunan, namun masih kerabat dengan labu-labuan, melon dan mentimun serta merupakan varian lain dari semangka yang memiliki daging buah berwarna merah. (lihat manfaat semangka merah disini). Sama seperti varian semangka merah, menurut riwayat, semangka kuningpun berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Orang pada umumnya mengkonsumsi semangka dengan cara dijadikan jus atau dimakan langsung. Biji semangka sesungguhnya dapat dikonsumsi juga, yakni dengan cara di sangrai menjadi kuaci.
Buah semangka kuning memiliki banyak nutrisi mulai dari vitamin, mineral seperti vitamin A, vitamin C, kandungan citruline, asam amino, likopen, kalium. Kandungan tersebut tentunya memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Berikut ini adalah khasiat semangka kuning untuk tubuh :

  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi. Buah semangka mengandung 90% air, rehidrasi gram kalsium penting, magnesium, kalium dan natrium, sehingga mampu mengisi kebutuhan cairan bagi tubuh serta mengembalikan elektrolit yang menjadikan tubuh dan kulit tetap terhidrasi.
  • Meningkatkan energi. Semangka juga kaya akan vitamin B6 dan B1. Vitamin B6 digunakan tubuh untuk mensintesis dopamin yang baik. Dan juga semangka memiliki vitamin C, kalium dan betakaroten yang semuanya merupakan penguat energi alami. 
  • Mencegah diabetes. Buah semangka memang dikenal sebagai salah satu buah yang manis dan berair, namun manisnya buah semangka adalah pemanis alami yang tidak menyebabkan diabetes. Kandungan kalium dan magnesium dalam semangka justru membantu dalam berfungsinya insulin dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat gula darah.
  • Melancarkan pembuluh darah. Kandungan zat citruline yang sangat kaya pada semangka kuning sangat bermanfaat untuk merangsang kinerja senyawa-senyawa lainnya di dalam tubuh. Hal ini dapat membuat pembuluh darah terasa rileks dan dapat melancarkan aliran darah.
  • Mengobati sariawan. Selain kandungan zat citruline yang tinggi, semangka kuning juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat mengatasi sariawan dan panas dalam.
  • Melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat tinggi juga terdapat dalam semangka kuning yang berkhasiat untuk menjaga sistem pencernaan berjalan dengan baik dan mengatasi gangguan pencernaan seperti nyeri perut, sembelit, dan lainnya.
  • Menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C, senyawa likopen dan antioksidan dalam buah semangka bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang tersebar setiap harinya. 
  • Menjaga organ ginjal. Dalam buah semangka terdapat senyawa yang dapat merangsang diuretic untuk sering buang air kecil, sehingga mampu membersihkan ginjal dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan ginjal.
Demikianlah gaees khasiat semangka untuk tubuh. :)

0 comments:

Post a Comment