Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

khasiat temulawak untuk kesehatan

Temulawak adalah tumbuhan obat yang masuk dalam suku temu-temuan. Menurut riwayat, tanaman ini berasal dari Indonesia, khususnya pulau Jawa karena tempat hidup tanaman ini adalah pada hutan tropis dataran rendah hingga ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Bernama ilmiah curcuma javanica ini berbentuk akar dan rimpang (batangnya berada dibawah tanah) dan sekilas menyerupai kunyit, namun memiliki manfaat berbeda (lihat disini).
Temulawak mengandung kurkuminoid, mineral minyak atsiri, tepung, karbohidrat, protein, kalium, natrium, magnesium, zat besi, mangan dan kadmium. Sudah menjadi resep nenek moyang, bahwa temulawak dijadikan sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah akar atau rimpang. Berikut ini adalah khasiat temulawak untuk kesehatan :

  • Memelihara fungsi hati. Temulawak mengandung katagoga yang memproduksi empedu dalam hati serta merangsang pengosongan empedu. Uji klinik menemukan bahwa temulawak memberikan enzim yang dapat menurunkan kadar SGOT (serum glutamic oxaloacetic transaminase) dan SGPT (serum glutamic pyruvate transaminase). SGOT dan SGPT adalah enzim yang terdapat dalam hati dan jumlahnya akan meningkat jika terjadi kerusakan.
  • Menurunkan lemak darah. Temulawak menghasilkan ekstrak dan juga fraksi kurkuminoid yang bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak darah.
  • Melancarkan buang air besar. Kandungan serat dan kurkumin yang tinggi dapat melancarkan buang air besar. 
  • Menyembuhkan hepatitis. Karena mampu memlihara fungsi hati, temulawak pun dapat mengobati penyakit hepatitis. Caranya adalah dengan menyiapkan dua jari temulawak, kupas dan iris kemudian rebus dengan setengah liter air dan tambahkan dengan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengah dan minum dua kali sehari satu gelas.
  • Melancarkan ASI. Temulawak memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berguna untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi ASI seperti protein dan asam lemak. Karena jika terjadi oksidasi, maka akan menganggu produksi ASI dan menurunkan kualitas ASI.
  • Mengatasi gangguan ginjal. Kandungan yang terdapat dalam temulawak berkhasiat untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada ginjal. Caranya adalah dengan menyiapkan irisan tipis dua rimpang temulawak, daun kumis kucing satu genggam, daun meniran satu genggam dan gula batu secukupnya. Rebus dalam 1000ml air hingga mendidih dan menyisakan setengahnya. Saring dan minumlah air rebusan secara rutin setiap hari.
  • Mengatasi mual. Kandungan piridoksin atau vitamin B6 dalam temulawak mampu mengatasi rasa mual termasuk mual pagi hari bagi wanita awal kehamilan.
  • Meredakan asma. Saat penderita asma mengalami sesak nafas, maka mengkonsumsi temulawak dapat meredakan deritanya. Caranya adalah dengan menyiapkan setengah rimpang temulawak dan rebus dalam lima gelas air hingga air rebusan menyisakan setengahnya, tambahkan gula aren secukupnya. Minumlah tiga kali sehari.
  • Mengurangi radang sendi. Temulawak memiliki kandungan kurkumin sekitar 100 mg fenibutazon yang dapat mengurangi radang sendi pada tubuh. Kurkumin berkhasiat untuk menghambat perpindahan sel-sel leuksit ke daerah radang atau menghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang disebut prostaglandin.
  • Menyembuhkan bisul. Caranya adalah dengan merebus temulawak dengan dua gelas air dan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya sisa setengahnya, kemudian tambahkan sedikit asam jawa, saring dan segera minum saat masih hangat.
Selain itu, temulawak juga berkhasiat untuk mengurangi kelelahan pada otot, melancarkan haid, mencegah insomnia, meningkatkan mood atau semangat, melawan kanker, mengatasi masalah pencernaan, mengeluarkan toksin dari tubuh dan membantu poses metabolisme. Demikian gaeess khasiat temulawak untuk kesehatan. :)

0 comments:

Post a Comment