Kulit Manggis Yang Juga Memiliki Khasiat Manis Bagi Kesehatan

kulit manggis yang juga memiliki khasiat manis bagi kesehatan

Kulit manggis adalah bagian dari buah manggis yang dapat juga dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. (lihat juga tentang khasiat buah manggis disini). Artike ini merupakan pelengkap dari informasi tentang kandungan dan manfaat kulit manggis untuk pengobatan alami dan herbal penjaga kesehatan tubuh.
Banyak dari masyarakat hanya mengkonsumsi daging buah manggis yang memiliki rasa menyegarkan. Namun untuk kesehatan, kulit manggis sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, karena memiliki kandungan gizi yang penting untuk kesehatan, yakni :

  1. Xanthone : Adalah senyawa yang berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan memiliki beberapa senyawa pendamping yang bersifat anti peradangan, anti diabetes, anti jamu. anti bakteri, anti plasmodal dan hepatoprotektif.
  2. Tanin : Adalah senyawa yang bermanfaat sebagai anti bakteri, anti hemoroid (wasir) dan berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sel tumor.
  3. Antosianin : Adalah senyawa yang memiliki khasiat sebagai antioksidan dan bermanfaat baik bagi proses pengobatan kanker, diabetes, kardiovaskular dan neuronal.
  4. Vitamin C : melengkapi senyawa antosianin, vitamin C pada kulit manggis memiliki manfaat sebagai antioksidan dan pencegah virus flu, infeksi, kanker dan menjaga daya tahan tubuh.
  5. Vitamin B kompleks : Fungsi dari vitamin B kompleks adalah sebagai kofaktor dalam proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak.
Melihat beberapa isi kandungan khas tersebut, maka kita dapati bahwa kandungan buah manggis dengan kulit manggis memiliki kandungan yang beragam dan hampir sama, namun kandungan xanthone yang terdapat pada kulit manggis memiliki persentase yang lebih banyak dibandingkan dengan buah manggis. Berikut ini adalah manfaat kulit manggis yang juga memiliki khasiat manis bagi kesehatan :

  • Anti inflamasi atau peradangan. Kulit manggis mengandung zat yang bersifat anti inflamasi yang kuat. Zat anti inflamasi berkhasiat untuk meredakan peradangan pada tubuh seperti radang sendi, radang tenggorokan, radang gusi dan gangguan perdangan lainnya.
  • Mengobati sariawan. Kandungan vitamin C pada kulit manggis dapat membantu mengatasi sariawan di mulut. Caranya adalah dengan merebus kulit manggis dalam tiga gelas air hingga mendidih tersisa satu gelas. saring dan tunggu panasnya turun kemudian jadikan obat kumur.
  • Mengobati diabetes. Zat-zat yang terkandung dalam kulit manggis mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan jika dikonsumsi secara teratur. 
  • Meremajakan kulit. Kandungan anti oksidan pada kulit manggis dapat mencegah penuaan dini dan mambantu proses regenerasi sel kulit mati, yang menjadikan kulit sehat, cantik dan mampu melawan berbagai penyakit kulit.
  • Mencegah penyakit saraf. Parkinson adalah penyakit kelainan pada saraf. Kandungan dalam kulit manggis mampu mencegah resiko penyakit parkinson.
  • Mengatasi diare. Kandungan yang terdapat dalam kulit manggis juga mampu mengatasi diare, gejala demam, disentri dan ganguan saluran kemih atas.
  • Mengobati TBC. Kulit manggis juga mampu mengatasi gangguan pernafasan seperti TBC, mencegah infeksi paru-paru, mengatasi sesak nafas dan mencegah infeksi sistem pernafasan.
  • Mencegah penyakit jantung. Kandungan sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesim dalam kulit manggis dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  • Meningkatkan imunitas tubuh. Antioksidan pada kulit manggis memiliki tingkat jumlah yang tinggi. Selain berkhasiat menangkal serangan radikal bebas, antioksidan juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas).
Demikian gaeess tentang kulit manggis yang juga memiliki khasiat manis bagi kesehatan. :)

0 comments:

Post a Comment