Jamu daun jambu biji yang kaya manfaat

jamu daun jambu biji yang kaya manfaat
Daun jambu biji ternyata memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Tidak kalah dengan buah jambu yang memiliki banyak manfaat, (lihat disini), daun jambu dapat menjadi alternatif untuk menjaga hidup sehat dengan ramuan herbal alami. Jika mengingat berbagai ilmu budaya dari nenek moyang, maka akan didapati bahwa daun jambu telah menjadi salah satu bahan dasar pembuatan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam peyakit.
Kandungan senyawa pada daun jambu biji meliputi alkohol, aldehida, hidrokarbon alifatik, alkohol aromatik, kadalena, kalsium, karbohidrat, beta kariofilena, kasuarinin, klorofil A, klorofil B, sineol,  tanin terkondensasi, asam krategolat, guavin A, B, C, D, vitamin C yang lebih banyak dibandingkan buah jambu merah. Kemudian daun jambu biji juga mengandung saponin, flavanoid, polifenol, alkaloid, karoten, steroid, anti oksidan, minyak atsiri, tanin, senyawa anti mutagenic. Sehingga dengan kandugan tersebut, maka berikut ini adalah jamu daun jambu biji yang kaya manfaat bagi tubuh :

  • Mengobati diabetes mellitus. Caranya adalah dengan menjadikan daun jambu biji sebagai teh dengan diseduh air panas dan ditambahkan dengan madu secukupnya.
  • Mengobati luka memar. Kandungan steroid dalam daun jambu biji berperan untuk mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Caranya adalah dengan menumbuk daun jambu biji hingga halus dan oleskan pada permukaan luka hingga merata.
  • Mengobati ambeien. Caranya adalah dengan menumbuk halus lima lembar daun jambu biji yang masih muda ditambahkan dengan satu buah pisang batu. Peras dan minum airnya setiap hari hingga sakitnya berangsur sembuh.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Caranya adalah dengan merebus 5-7 lembar daun jambu biji yang dicampur dengan segenggam daun sirih dan dua genggam daun cermai. Rebus dalam tiga gelas air hingga mendidih menyisakan setengahnya, kemudia saring dan minum airnya saat hangat, sehari dua cangkir.
  • Membantu mengobati penyakit demam berdarah. Selain menambah jumlah hemoglobin dengan buah jambu merah, daun jambu biji juga dapat menjadi penguat untuk membantu menyembuhkan penyakit demam berdarah. Caranya adalah dengan membuat ramuan dari air rebusan lima lembar daun jambu biji dalam dua gelas air. Dapat juga dengan membuat jus daun jambu biji.
  • Mengobati sakit maag. Kandungan yang terdapat dalam jambu biji mampu mengobati sakit maag dan penyakit yang berhubungan dengan lambung lainnya, karena senyawa dalam jambu biji mampu menurunkan kadar asam lambung. Caranya adalah dengan menjadikan  lima lembar daun jambu biji sebagai teh yang direbus dalam tiga gelas air hingga mendidih tersisa setengahnya.
  • Meningkatkan kesuburan pria. Daun jambu biji mampu meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan jumlahnya.
  • Mengobati alergi dan penyakit kulit. Caranya adalah dengan merebus dua genggam daun jambu biji ditambah segenggam daun sirsak, rebus dengan satu ember air. Setelah mendidih campurkan dengan air dingin agar air menjadi hangat, dan gunakan untuk mandi atau berendam.
Jambu biji bersifat anti oksidan, hasil beberapa uji medis menyatakan bahwa daun jambu biji putih memiliki kandungan senyawa anti oksidan lebih tinggi daripada daun jambu biji merah. Demikianlah gaeess tentang jamu daun jambu biji yang kaya manfaat. :)

0 comments:

Post a Comment