Tomat Untuk Hidup Yang Sehat

tomat untuk hidup yang sehat

Tomat adalah tumbuhan dari keluarga solanaceace yang memiliki siklus hidup yang singkat. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tengah dan Amerika selatan. Di Indonesia, Tomat biasa dijadikan sebagai sayur pelengkap dalam masakan maupun sambal dan juga dapat dijadikan minuman jus atau dimakan langsung tanpa proses pengolahan.
Secara pengelompokkan, tomat sesungguhnya adalah buah, walaupun penggunaannya sering dijadikan sayur, namun tetap memiliki kandungan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tubuh, yaitu protein, karbohidrat, serat, gula, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, zinc, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, vitamin D, vitamin K dan folat. Berikut ini adalah khasiat tomat untuk hidup yang sehat :

  • Menurunkan resiko kanker. Kandungan vitamin C dan likopen dalam tomat adalah antioksidan alami yang berkhasiat mencegah pembentukan radikal bebas penyebab kanker, termasuk kanker prostat, kanker paru dan kanker usus.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan likopen dalam tomat juga mampu memperkuat sel imun untuk menjaga tubuh dari serangan virus dan penyakit.
  • Mencegah depresi. Asam folat yang terkandung dalam tomat berkhasiat untuk meredakan depresi dengan cara mencegah kelebihan pembentukan homosistein dalam tubuh. Kelebihan homosistein akan menghambat darah dan nutrisi untuk mencapai otak, menganggu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamine dan norepinephrine yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan.
  • Mencegah stroke. Vitamin K dalam tomat berfungsi untuk mencegah pembekuan darah, sehingga aliran darah dalam tubuh akan selalu lancar.
  • Menyehatkan jantung. Serat, kalium, vitamin C dan kolin adalah senyawa yang diperlukan untuk mendukung kesehatan tubuh. Mengkonsumsi sebuah tomat setiap hari dapat memenuhi jumlah cukup untuk kesehatan jantung.
  • Mencegah sembelit. Tomat merupakan buah yang kaya akan kandungan air dan serat. Hal ini bermanfaat untuk mendukung kelancaran proses pencernaan dalam usus hingga terhidrasi dan akhirnya melancarkan proses buang air besar hingga tuntas.
  • Meningkatkan kinerja ginjal. Selain untuk kelancaran proses buang air besar, kandungan air dalam tomat juga berkhasiat untuk melancarkan penyaringan insulin dalam ginjal.
  • Meremajakan kulit. Kandungan vitamin C dan kolagen (zat yang mendukung kulit) dalam tomat berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, polusi dan serangan radikal bebas lainnya.
  • Menyehatkan janin. Asam folat yang terkandung dalam tomat menjamin agar janin terlindungi dari resiko cacat tabung saraf.
  • Mencegah kanker payudara. Vitamin D yang dimiliki tomat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan tidak memberikan ruang untuk sel kanker melakukan penggandaan.
  • Mengatasi peradangan. Tomat juga mengandung bioflavonoid yang dapat mengurangi rasa sakit pada organ yang mengalami peradangan biasa hingga kronis. 
Selain itu, tomat juga berkhasiat untuk mengatasi anemia karena tomat mampu meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah, mampu menjaga kesehatan mata, mengurangi kolesterol dalam tubuh, memperkuat ingatan otak dengan membantu transmisi sinyal saraf, membantu spermatogenesis untuk menyuburkan reproduksi pria dan wanita, mempercepat penyembuhan luka dan menjadi solusi untuk menurunkan berat badan. Demikian gaeess khasiat tomat untuk hidup yang sehat. :)

0 comments:

Post a Comment