Manfaat Markisa Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat markisa ungu untuk kesehatan tubuh

Markisa ungu adalah jenis lain dari markisa yang ditanam di Indonesia. Sebelumnya telah dibahas tentang markisa kuning dan manfaatnya (lihat disini). Seperti pada ulasan sebelumnya, markisa merupakan buah yang ditanam di daerah tropis dan subtropis artinya dapat hidup di daerah sejuk seperti dataran tinggi yaitu untuk markisa ungu maupun daerah panas seperti dataran rendah untuk markisa kuning.
Markisa ungu memiliki nama latin passiflira edulis yang memiliki ciri berbentuk bulat dengan diameter sekitar 4-6 cm. Menurut hasil survey di pasar, markisa jenis ungu merupakan markisa yang menjadi favorit masyarakat, selain aroma buahnya yang harum segar, rasanya pun lezat dan tak sekecut markisa kuning. Berikut ini adalah manfaat markisa ungu untuk kesehatan tubuh :

  • Mengatasi sariawan. Kandungan vitamin C yang dimiliki markisa ungu dapat mencegah dan mengatasi sariawan yang menyerang rongga mulut. Sehingga untuk mencegah sariawan, tubuh harus cukup terpenuhi kebutuhan vitamin C salah satunya dengan mengkonsumsi markisa ungu segar.
  • Mencegah infeksi. Selain untuk mengatasi sariawan, vitamin C juga merupakan anti oksidan yang membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi. Hal ini dapat juga untuk mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.
  • Mengatasi insomnia. Bila saraf terlalu tegang dan pikiran tidak rileks, maka tubuh akan mengalami kondisi sulit tidur atau insomnia. Kandungan dalam markisa ungu dapat merelaksasi pikiran dan menenangkan saraf, sehingga meminum jus markisa sebelum tidur tentu akan mengobati insomnia dan mendapatkan tidur yang berkualitas.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi. Selain mampu menenangkan saraf, markisa ungu juga dapat mengontrol tekanan darah agar tidak meningkat tinggi. Jika rutin mengkonsumsi markisa ungu, maka tekanan darah akan seimbang dan terhindar dari penyakit darah tinggi atau hipertensi.
  • Mencegah penuaan. Zat antioksidan alami yang terkandung dalam vitamin C buah markisa ungu mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan membantu pembentukan kolagen, sehingga membuat kulit tetap sehat, awet muda dan kencang.
  • Mengatasi iritasi pada kulit. Selain mengandung zat antioksidan, markisa ungu juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meringankan gejala iritasi ringan hinnga berat pada permukaan kulit.
Selain itu, markisa ungu dipercaya dapat menjadi obat untuk menguatkan gigi , melancarkan aliran darah dan kesehatan mata. Demikian gaeess tentang manfaat markisa ungu untuk kesehatan tubuh. :)

0 comments:

Post a Comment