Daun Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

daun singkong untuk kesehatan tubuh

Daun singkong adalah daun yang berasal dari tanaman singkong. Sebelumnya telah di ulas mengenai khasiat singkong untuk kesehatan tubuh (lihat disini). Nah kali ini kita akan membahas mengenai ragam khasiat daun singkong untuk kesehatan tubuh. Daun singkong memiliki ciri berpucuk daun lancip dengan tangkai yang berwarna kemerahan. Daun singkong adalah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, yakni protein nabati, Vitamin A, asam amino yang berfungsi untuk perkembangan otak dan saraf, isoflavon untuk menyembuhkan stroke, vitamin C untuk daya tahan tubuh.
Jika dibuat menjadi sayuran untuk lauk pauk, daun singkong memiliki rasa yang khas dan nikmat, karena tingkat kepahitannya tidak seperti daun pepaya. Meskipun telah menjadi makanan populer di Indonesia, namun masih banyak yang belum mengetahui khasiat daun singkong, sehingga sering abai dan asal dalam memasak daun singkong ini. Berikut ini adalah khasiat daun singkong untuk kesehatan tubuh :

  • Mengatasi stroke. Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa daun singkong memiliki kandungan isoflavon yang berkhasiat untuk mengobati stroke. Hal ini berdasarkan uji laboratorium oleh peneliti bahwa kandungan isoflavon dalam daun singkong merupakan salah satu yang tertinggi dimiliki oleh sayuran dan hal tersebut menjadikan daun singkong sebagai salah satu pilihan utama penderita stroke agar terlepas dari penyakitnya.
  • Sebagai makanan sumber energi. Daun singkong adalah sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga mampu memproduksi energi yang menjadi kebutuhan tubuh. Karbohidrat juga membantu mengoptimalkan fungsi protein dalam membangun sel-sel tubuh, karena jika kekurangan karbohidrat maka tubuh akan mengambil protein sebagai sumber energi.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dalam daun singkong bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 
  • Anti penuaan dini. Zat hijau daun pada daun singkong mampu menghasilkan senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dari lingkungan yang tidak sehat sehingga menghindarkan tubuh dari kerusakan kulit seperti keriput dan kering. Antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah berkembangnya berbagai sel kanker dalam tubuh.
  • Menyehatkan mata. Seperti yang telah diketahui, bahwa vitamin A berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Daun singkong memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan tak kalah jumlahya dengan buah-buahan. Maka mengkonsumsi daun singkong juga dapat menjaga kesehatan mata.
  • Anti osteoporosis. Di dalam daun singkong juga terdapat kandungan fosfor dan kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang.
  • Menambah sel darah merah. Selain mengandung anti oksidan, zat hijau pada daun singkong juga mengandung zat besi yang berguna untuk membentuk hemoglobin. Jika tubuh kekurangan sel darah merah, maka penyakit anemia tak terelakkan.
  • Obat sakit kepala. Jika mengalami kekurangan sel darah merah, hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke otak  melalui aliran darah tentu akan berhenti, maka kepala akan menjadi sangat pusing. Mengkonsumsi daun singkong dapat menurunkan bahkan menghilangkan sakit kepala yang disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen dalam otak. Selain dimakan, menyembuhkan sakit kepala dengan daun singkong dapat juga melalui kompres, caranya adalah dengan menumbuk halus daun singkong dang menjadikannya kompres untuk di tempelkan di dahi.
  • Mempercepat penyembuhan luka. Kandungan serat dan zat besi pada daun singkong berkhasiat untuk mempercepat pengeringan luka. 
Untuk mendapatkan khasiat maksimal dari daun singkong, maka pilihlah daun singkong segar yang belum terlalu tua. Dan jika dijadikan sayuran dengan santan, maka daun singkong tidak boleh dimasak terlalu lama hingga sangat layu. Hal itu menyebabkan kandungan gizi dalam daun singkong akan menghilang larut dalam didihan air. Demikian gaees khasiat daun singkong untuk kesehatan tubuh. :)

0 comments:

Post a Comment