Manfaat Tauge Untuk Tubuh, Tidak Hanya Untuk Kesuburan

tidak hanya untuk kesuburan, ini manfaat tauge untuk tubuh

Tauge atau yang bernama resmi kecambah, adalah tumbuhan muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji (sporotif). Tahap perkembangannya disebut perkecambahan yang merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan. Tauge adalah kecambah yang berasal dari kacang hijau.
Banyak nutrisi terkandung dalam tauge, yaitu vitamin B, C, B1, B6, K dan A, yang merupakan kombinasi sangat penting untuk kesuburan tubuh, baik pria maupun wanita. Selain itu tauge juga merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, asam lemak omega 3 serta asam folat yang sangat melimpah dan sangat penting untuk kesehatan darah sehingga mampu mempromosikan kehamilan yang sehat bagi tubuh.
Khasiat tauge bagi kesuburan dan kesehatan tidak diragukan lagi, sebab kandungan asam folat dan zat besi dalam tauge sangat ampuh meningkatkan kualitas sperma bagi pria dan kualitas sel telur bagi wanita. Berikut ini manfaat tauge untuk tubuh, tidak hanya untuk kesuburan :

  • Mencegah kanker. Tauge juga mengandung antioksidan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan pembelahan sel-sel kanker.
  • Menurunkan berat badan. Serat adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam tauge yang bermanfaat untuk mencegah kolesterol dalam darah, sehingga memiliki potensi menurunkan berat badan secara signifikan.
  • Melancarkan pencernaan. Kandungan enzim dalam tauge adalah salah satu yang tertinggi diantara kecambah lainnya. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, tekhususnya adalah pencernaan sehingga akan terhindar dari sembelit dan diare.
  • Menurunkan resiko bayi cacat lahir. Menurut data, setiap tahunnya pasti terdapat bayi yang lahir dalam keadaan cacat tabung saraf (sumsum tulang belakang). Asam folat yang terkandung dalam tauge mampu menurunkan resiko berbagai masalah perkembangan janin, sehingga bayi akan lahir dengan sehat.
  • Mencegah anemia. Selain untuk kesehatan janin, asam folat juga sangat baik untuk memproduksi asam amino dan sel darah merah tetap stabil dan terhindar dari anemia.
  • Menyehatkan dan menumbuhkan rambut. Tauge mengandung banyak vitamin C yang ampuh menghancurkan radikal bebas dalam tubuh penyebab rambut lemah, tipis dan rapuh. Terdapat juga selenium dan asam lemak omega 3 dalam tauge untuk nutrisi folikel rambut, sehingga mampu membunuh jamur penyebab kulit kepala kering, menghilangkan ketombe, mengurangi gatal akibat jamur dan mendorong pertumbuhan rambut baru.
  • Mencegah serangan jantung dan stroke. Perpaduan kandungan yang terdapat di dalam tauge bersifat melawan kolesterol jahat tanpa mengganggu kolesterol baik (HDL). Sehingga mengkonsumsi tauge dapat mencegah menimbun kolesterol jahat akibat dari makanan tak sehat sehari-hari.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam tauge terkandung senyawa saponin yang dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan pada tubuh, dengan cara menstimulasi interferon dan sel limfosit. Selain itu vitamin C dalam tauge juga dapat mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan pada sel.
  • Mencegah osteoporosis. Kandungan estrogen pada tauge dapat dengan mudah meningkatkan ketebalan tulang, struktrur tulang dan menghentikan kebusukan tulang.
  • Kesehatan dan kecantikan kulit. Vitamin E adalah anti oksidan yang juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas dan menjaga kelembapan kulit serta melindunginya dari sinar UV. Tauge merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin E cukup besar.
  • Kesehatan hati. Tauge mengandung banyak lesitin yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol darah dan juga mengurangi lemak hati dan mencegah penumpukan lemak dalam hati yang dapat menyebabkan gangguan pada hati.
Demikianlah gaeess, tentang manfaat tauge untuk tubuh, tidak hanya untuk kesuburan. :)

0 comments:

Post a Comment