Khasiat Kemangi Untuk Obat Herbal

khasiat kemangi untuk obat herbal

Kemangi merupakan terna kecil yang daunnya dapat dimakan sebagai lalapan. Daunnya memiliki aroma yang khas dengan sentuhan aroma limau. Aroma khas kemangi berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Di Indonesia, lalapan daun kemangi biasanya bersamaan dengan kubis, irisan mentimun dan sambal.
Daun kemangi merupakan hibrida antar ocinum basilicum yang dikenal dengan nama lain ocium xcitriodorum dan memiliki sejumlah senyawa, vitamin dan mineral, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, energi, karbohidrat, kalsium, magnesium, protein, fosfor, zat besi, air, sitrat, sineol, atsiri, zat arigin, senyawa anetol, flavonoid, boron, eugenol, betakaroten dan zat triptofan. Berikut ini adalah khasiat kemangi untuk obat herbal :

  • Mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan senyawa didalamnya mampu menjadikan kemangi sebagai pereda berbagai gangguan pencernaan, seperti mual, infeksi usus, radang lambung dan kembung atau gas dalam usus.
  • Melancarkan aliran darah. Kandungan magnesium yang terdapat dalam kemangi membantu pembuluh darah dan jantung menjadi rileks, sehingga membuat aliran darah dalam tubuh tetap lancar.
  • Pengobatan infeksi kulit. Kemangi memiliki sifat anti biotik, anti bakteri dan anti jamur, sehingga mampu membatasi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit. Caranya adalah dengan menggiling dan merebus 250 gram daun kemangi dicampur dengan minyak biji wijen, kemudian oleskan pada kulit yang gatal atau infeksi. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat dioleskan pada kulit untuk mengobati kurap.
  • Mengobati panu. Karena memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri, daun kemangi juga berkhasiat untuk mengobati panu. Caranya adalah dengan menghaluskan daun kemangi dan campurkan dengan sedikit kapur sirih, kemudian oleskan pada permukaan tubuh yang terkena panu.
  • Kesehatan jantung. Daun kemangi dapat membantu membersihkan darah dengan cara melepaskan racun dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan eugenol dalam kemangi, membantu mengurangi kadar kolesterol dan kadar glukosa darah, sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan mengontrol tekanan darah.
  • Membantu perkembangan tulang. Kandungan fosfor dan kalsium yang dimiliki kemangi dapat membantu perkembangan dan kekuatan tulang, serta mampu mencegah tulang keropos.
  • Mencegah jerawat. Selain mengobati panu, sifat anti jamur dan anti bakteri daun kemangi memiliki kemampuan untuk membersihkan kulit dan mengatasi peradangan pada jerawat, sehingga tidak akan menyebar luas.
  • Mengobati sariawan. Kombinasi kandungan vitamin, mineral dan senyawa pada kemangi dapat berkhasiat untuk mengobati sariawan. Caranya adalah dengan mengunyah daun kemangi segar dan minum dengan air hangat. Lakukan berturut turut selama tiga hari.
  • Khasiat bagi wanita. Kemangi mengandung zat boron atenol yang dapat merangsang hormon estrogen. Sedangkan senyawa eugenol dapat membasmi jamur penyebab keputihan. Zat stigmaasterol dalam kemangi akan merangsang pematangan sel telur, tanin dapat mengurangi sekresi cairan pada organ intim wanita dan zat triptofan dapat menunda menopause.
  • Khasiat bagi pria. Senyawa sineol, arigin, apigenin fenkhona dan eugenol dalam kemangi, dapat menyuburkan dan menyehatkan sperma serta mengatasi gangguan libido.
Selain itu, kemangi juga dapat mencegah atau mengurangi gangguan umum pada kepala, sakit telinga, demam, migrain dan gangguan neurologis seperti kecemasan, depresi, histeria, lemah saraf dan insomnia. Demikian gaeess khasiat kemangi untuk obat herbal. :)

0 comments:

Post a Comment