Khasiat Daun Bawang Bagi Tubuh

khasiat daun bawang bagi tubuh

Daun bawang adalah jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Daun bawang memiliki bentuk yang berbeda dari tumbuhan pada umumnya, yaitu berbentuk menyerupai batang namun bertekstur sangat lunak. Di Indonesia, daun bawang sering dijadikan pelezat masakan seperti pada campuran sayur sop, martabak telor atau dijadikan bumbu tabur seperti dalam soto.
Daun bawang memiliki kandungan energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi. Berikut ini adalah khasiat daun bawang bagi tubuh :

  • Pencegah anemia. Kandungan zat besi dalam daun bawang dapat meningkatkan produksi darah. Bila muncul gejala anemia, maka mengkonsumsi bawang dapat segera mengatasi masalah tersebut. Kandungan ferroportin di daun bawang inilah yang menyimpan zat besi.
  • Kesehatan tulang. Kalsium yang terkandung dalam daun bawang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, sehingga mengkonsumsi daun bawang merupakan salah satu cara untuk mencegah osteoporosis.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Walau jumlahnya tidak sebanyak pada buah, kandungan vitamin C pada daun bawang berfungsi sebagai antioksidan yang bersama dengan folat membantu pembentukan sel darah merah, sel darah putih untuk sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.
  • Menyehatkan jantung. Daun bawang mengandung polysulfides, yakni senyawa yang dapat melindungi jantung dari penyakit dan mempertahankan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh sehingga mampu menyehatkan jantung.
  • Untuk kesehatan janin. Asam folat yang dimiliki daun bawang sangat baik bagi wanita hamil, karena dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin.
  • Melancarkan aliran darah. Daun bawang sangat dianjurkan untuk keluarga yang memiliki riwayat trombosis karena meningkatkan sirkulasi. Trombosis adalah proses koagulasi dalam pembuluh darah yang berlebihan, sehingga menghambat aliran darah bahkan menghentikanya. 
  • Mencegah diabetes. Daun bawang memiliki kandungan phyto-kimia yang mempunyai sifat pencegah diabetes. Zat tersebut sangat ampuh mencegah degradasi insulin di tubuh serta meningkatkan metabolisme glukosa.
  • Meningkatkan sistem imun. Kandungan kemferfol dan quercetin yang dimiliki daun bawang, dapat meningkatkan sistem imunitas pada tubuh secara keseluruhan.
  • Mencegah batu ginjal. Daun bawang adalah diuretik alami yang kaya akan kandungan kalium, rendah yodium dan membantu mengobati hyperuricemia, gout, nefritis dan saluran kemih dan mencegah pembentukan batu ginjal. 
  • Anti bakteri dan anti peradangan. Warna hijau pada daun bawang memiliki kandungan anti bakteri serta anti peradangan, sedangkan bagian putihnya mempunya sifat melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi.
  • Mencegah sembelit. Daun bawang mengandung serat yang membantu kesehatan usus dan kandungan magnesiumnya memberikan efek pencahar ringan yang bermanfaat untuk mencegah sembelit.
Selain itu kandungan minyak esensial daun bawang dapat merangsang nafsu makan, sehingga daun bawang merupakan pilihan tepat untuk melezatkan masakan. Demikian gaeess khasiat daun bawang bagi tubuh. :)

0 comments:

Post a Comment